Jumat, 03 Agustus 2012

ATTITUDE "SIKAP"



Di era yang semakin maju kini, kemampuan berfikir manusia juga semakin berkembang. Ini merupakan suatu hal positif dari kemampuan manusia yang semakin bisa berikir tentang masa depan yang semakin maju. Namun, dari kemampuan yang se-positif ini, tidak dibarengi dengan sikap positif dari manusianya, malah bisa menghancurkan keadaan yang selama ini nyaman. Sikap bukan hanya tentang bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat, tapi attiude atau sikap juga bagaimana cara kita berinteraksi dengan makhluk hidup dunia dan juga bagaimana cara kita menyikapi kemajuan teknologi yang semakin pesat.



Nah,  pada artikel ini, ya sedikit banyak bakalan mengulas tentang apasih itu attitude atau yang biasa kita sebut sebagai SIKAP, supaya dalam perkembangan teknologi yang semakin maju ini, kita tetap bisa saling berinteraksi atas batas yang sewajarnya, tidak berlebih-lebihan, tidak juga semakin tertinggal.    

ATTITUDE "SIKAP" sendiri adalah  kesediaaan beraksi terhadap suatu hal atau dalam lebih luasnya "sikap merupakan organisasi pendapat, keyakinan seseorang mengenai objek atau situasi relatif yang relatif ajeg yang disertai adanya perasaan tertentu dan memberikan dasar kepada organisme untuk membuat respon atau perilaku dalam cara tertentu yang dipilihnya.
Dalam kamus Bahasa Indonesia, SIKAP diartikan sebagai tegak badan ketika berdiri atau duduk.
Dan ini beberapa pendapat para ahli tyentang apsih itu attitude (sikap):

·  Kimmball Young (1945) : Sikap adalah predisposisi mental untuk melakukan suatu tindakan
·  Sherif & sherif (1956) : Sikap adalah keajegan dan kekhasan perilaku seseorang dalam hubungan dengan stimulus manusia atau kejadian-kejadian tertentu 
·  Fishbein & Ajzen (1975) : Sikap adalah predidposisi yang dipelajari untuk merespon secara konsisten dalam tatacara tertentu dan berkenaan dengan objek tertentu
·  W.A. Gerungan mengemukakan batasan sikap sebagai berikut :
Pengertian Attitude itu dapat kita terjemahkan dengan sikap yang obyektif tertentu, yang dapat merupakan sikap pandangan atau sikap perasaan, tetapi sikap tersebut di sertai sikap kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap obyektif tadi itu. Jadi Attitude itu dapat di terjemahkan sebagai sikap dan kesediaan bereaksi tehadap suatu hal.
·      M Ngalim Purwanto menyatakan pengertian sikap sebagai berikut :
Sikap atau yang dalam bahasa inggris di sebut Attitude adalah suatu cara bereaksi terhadap suatu perangsang. Suatu kecenderungan untuk bereaksi dengan cara tertentu, sikap adalah suatu perbuatan/tingkah laku sebagai reaksi respon terhadap suatu rangsangan stimulus yang disertai dengan pendirian dan atau perasaan itu sendiri.
·      Bimo Walgito mengemukakan tentang batasan sikap sebagai berikut :
Sikap itu merupakan organisasi pendapat, keyakinan seseorang mengenai obyek atau situasi yang relatif ajeg yang di sertai dengan perasaan tertentu dan memberikan dasar kepada orang tersebut untuk membuat respon atau berperilaku dalam cara yang tertentu yang di pilihnya.
·           H.C Witherington mengemukakan :
Sikap adalah kecenderungan untuk berfikir atau merasa dalam cara yang tertentu atau menurut saluran- saluran tertentu. Sikap adalah cara betingkah laku yang karakteristik yang tertuju terhadap orang-orang dan rombongan-rombongan.
·         W.A Gerungan memberikan pengertian Attitude sosial sebagai berikut :
Sikap Attitude (sikap sosial) di nyatakan oleh cara-cara kegiatan yang sama dan berulang-ulang terhadap obyek sosial dan menyebabkan terjadinya cara-cara tingkah laku yang di nyatakan berulang-ulang terhadap obyek sosial, dan biasanya Attitude sosial itu di nyatakan tidak hanya oleh seorang saja, melainkan juga oleh orang-orang lainnya sekelompok atau masyarakat.

Sikap / Attitude merupakan gabungan dari berbagai komponen, komponen tersebut antara lain :
a. Komponen kognitif : yaitu komponen yang tersusun atas dasar pengetahuan dan informasi yang  dimilki seseorang tentang objek sikapnya atau komponen yang berkaitan dengan pengetahuan, pandangan, keyakinan atau bagaimana mempersepsi objek
b. Komponen afektif : komponen yang bersifat evaluatif yang berhubungan dengan rasa senang dan tidak senang
c. Komponen konatif : kesiapan seseorang untuk bertingkah laku yang berhubungan dengan objek sikapnya atau komponen yang berhubungan dengan kecenderungan bertindak terhadap objek

Dari komponen yang ada tersebut, attitude juga memiliki ciri-ciri, yaitu :
a.       Sikap tidak dibawa sejak lahir : karena pada saat lahir, manusia tidak membawa sikap, tapi sikap dibentuk kaetika malalui proses hidup ini, sehingga sikap dapat berubah, dapat dibentuk, dapat juga dipelajari
b.      Sikap selalu berhubungan dengan objek
Sikap terbentuk karena hubungan dengan objek-objek tertentu, melalui persepsi terhadap objek tersebut.
c.        Sikap dapat tertuju pada satu objek dan sekumpulan objek
Bila seseorang memiliki sikap negatif pada satu orang maaka ia akan menunjukkan sikap yang negatif pada kelompok orang tersebut.
d.       Sikap itu dapat berlangsung lama atau sebentar
Jika sikap sudah menjadi nilai dalam kehidupan seseorang maka akan berlangsung lama bertahan, tetapi jika sikap belum mendalam dalam diri seseorang maka sikap relaatif dapat berubah.
e.        Sikap mengandung perasaan atau motivasi
Sikap terhaadap sesuaatu akan diikuti oleh perasaan tertentu baik positif maupun negatif. Sikap juga mengandung motivasi atau daya dorong untuk berperilaku.
Cukup lah buat awal-awal kiat bahas tentang apa itu attitudenya.

See Yaaaaaa

0 komentar:

Posting Komentar

 
;